Hai para generasi milenia, tahu dong yang namanya drone, sejenis mainan remote control canggih yang memungkinkan kamu untuk mengendalikan sejenis ‘helikopter’ yang dapat terbang dan kemudian┬ámengambil video kamu ataupun pemandangan dari angkasa. Dan DJI selaku salah satu produsen terbesar untuk pasar drone dunia baru-baru ini barusan mengumumkan produk drone terbarunya yang hanya seukuran telapak tangan lewat sebuah acara di New York City.

DJI Spark yang terbaru ini jauh lebih kecil daripada quadcopters lain yang ada di pasaran. Ukuran drone tersebut memiliki berat dan ukuran yang sama seperti sekaleng minuman.

Drone terbaru DJI tersebut akan tiba di pertengahan Juni dengan harga sekitar $500 (sekitar Rp. 6-7 jutaan). Drone tersebut memiliki fitur dapat memotret dan merekam video dalam kualitas HD, memiliki stabilizer 2-axis gimbal untuk menjaga kestabilan kamera, dan dilengkapi dengan perangkat lunak on-board yang mengurangi getaran dan gambar yang kabur. Kecepatan tertinggi mampu mencapai 31 mph dan mampu terbang mengudara selama 16 menit. Drone tersebut memang tidak memiliki spesifikasi teknis yang tinggi, tapi meskipun begitu, keunggulannya adalah di ukuran yang sangat mungil.

Sejauh ini fitur Spark paling keren adalah mode penerbangan yang dikontrol lewat gesture (isyarat tangan), di mana fitur ini memungkinkan kamu dapat mengontrol drone supaya terbang ke atas untuk mengambil foto kamu dan teman-temanmu hanya hanya dengan melalui gerakan tangan sederhana.

Saat kamu menyalakan dan menaruh drone tersebut menghadap kamu, Spark menggunakan kamera untuk mencari pilotnya. Kamera akan menandai kamu, kemudian Spark akan secara otomatis menyala dan mulai melayang. Dari sana, gerakan tangan kamu yang menjadi alat kontrol. Perlihatkan telapak tangan kamu dan gerakkan ke samping, maka Spark mengikuti gerakan tangan tersebut. Lambaikan tanganmu, maka drone akan terbang menjauh sejauh 10 kaki dan memastikan kita sebagai objek foto berada di tengah gambar. Saat kita berjalan-jalan, drone canggih tersebut akan terus mengikuti kita. Jika ingin mengambil foto, maka cukup lakukan gestur “bingkai foto menggunakan dua tangan” ke arah drone. Setelah selesai, lambaikan tangan lagi ke Spark, tarik tangan kamu, maka drone DJI terbaru tersebut akan terbang ke bawah dan mendarat di telapak tangan kamu yang terulur. Sementara ponsel kamu tetap berada di saku tak terpakai sepanjang waktu. Gimana, menarik kan guys?

Ada beberapa kontrol perangkat lunak otomatis di aplikasi pendamping juga. QuickShots, rangkaian tembakan tindakan yang telah ditentukan sebelumnya, memungkinkan Anda mengarahkan Spark dengan sekali tekan di sebuah aplikasi. Maka drone dapat melakukan video zoom-out terbang menjauh, terbang menyamping, hingga terbang dengan orbit melingkar. Kemudian kamu dapat mengedit foto atau video super keren tersebut dan men-share ke teman-teman kamu lewat aplikasi yang telah tersedia.

Remote control berbasis telepon juga tersedia sebagai add-on terpisah; Sama halnya dengan produk kacamata DJI yang dapat memberikan kamu pemandangan sebagai pilot saat mengendalikan Spark tersebut.

Well, dengan aneka fitur canggih tersebut, rasanya layak untuk dikoleksi buat kamu penyuka gadget dan teknologi terbaru. Admin sarankan mulai sekarang, kamu sudah boleh menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu, setuju? Ayok, share dan beri komentar kamu yah.