Sebagian besar dari kita mengabaikan rasa sakit kepala dan mata yang terasa tegang dengan berpikir bahwa hal itu terkait dengan rasa stress yang dialami sehari-hari. Namun, ini bisa menjadi sinyal kondisi mata yang memberikan tanda bahwa anda mesti memakai kacamata baca untuk mengatasinya. Berikut ini adalah tanda-tanda yang memberitahukan kapan saatnya anda memerlukan kacamata.

  1. Sakit Kepala Berulang Kali
    Duduk di depan komputer selama berjam-jam bisa menyiksa mata anda dan menyebabkan terjadinya sakit kepala berulang kali. Sakit kepala bisa menjadi tanda terjadinya aberasi optik (astigmatism / hiperropenia). Kedua masalah ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan kacamata.
     
  2. Membutuhkan Cahaya yang Lebih Terang Saat Membaca


    Anda bisa menyalakan lampu baca atau lampu di atas kepala jika cahaya tidak cukup terang di saat anda membaca. Jika anda membutuhkan lebih banyak cahaya, hal ini bisa menjadi tanda bahwa anda membutuhkan kacamata. Ini bisa terjadi lebih sering seiring dengan bertambahnya usia.

     

  3. Penglihatan Kabur

    Jika penglihatan anda terasa kabur, itu bisa menjadi tanda bahwa anda membutuhkan kacamata. Ujilah sendiri dengan melihat plat nomor di jarak yang jauh dan lihat apakah anda bisa membacanya. Cobalah membaca dengan satu mata untuk tes yang lebih teliti. Jika ada masalah sewaktu anda mencobanya maka anda membutuhkan kacamata.
     

  4. Mata Lelah

    Jika mata yang lelah adalah masalah yang terjadi terus-menerus, terutama setelah aktivitas seperti mengemudi dan membaca, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter mata dan memeriksa mata anda. Mata yang sehat tidak akan terasa tegang.
     

  5. Memegang Buku Terlalu Dekat atau Terlalu Jauh

    Cara anda memegang buku juga bisa mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan mata anda. Anda akan cenderung mendekatkan buku ke wajah anda atau meletakkannya dalam jarak maksimal sekitar 33 sentimeter (1 kaki) jika anda menderita rabun jauh. Anda akan cenderung memegang buku dalam jarak lebih dari ukuran satu lengan jika menderita rabun dekat. Anda memerlukan lensa kacamata untuk menanggulangi masalah ini.
     

  6. Melihat Lingkaran Cahaya (Halo)

    Cahaya bisa tersebar bila mata anda tidak dapat memusatkan cahaya ke retina anda. Sebagai akibatnya, anda mungkin melihat lingkaran terang di sekitar lampu depan mobil atau bola lampu. Kacamata bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah ini.

Leave a Reply